益鹞
2019-05-23 04:07:00
2015年11月30日上午6:00发布
2015年11月30日上午6:00更新



亲爱的Tanya Rappler,

Saya punya pemikiran tentang“继续前进”。 Setiap kita bercerita bahwa kita sedang patah hati,secara umum,paling tidak berdasarkan observasi pribadi saya,saran yang akan kita terima adalah 继续前进

Menurut saya,ada miskonsepsi tentang“继续”ini,sekali lagi paling tidak berdasarkan diskusi-diskusi yang saya alami sendiri。 “继续前进”,包括disamakan dengan tindakan melupakan kenangan-kenangan bersama orang yang membuat kita patah hati。

Menurut saya,memang sih ini akan membuat hidup kita lebih mudah。 Tidak harus sedih setiap melihat benda apapun yang bikin kita ingat sama dia,nggak harus nangis sendiri setiap malem sambil liatin Instragramnya,dst:“)

Tapi,artinya kita harus meninggalkan kenangan-kenangan yang pernah bikin hidup kita indah banget。

Kalau buat saya,“继续前进”itu ya sesederhana kita nerima bahwa kenangan-kenangan itu tinggal kenangan,yang nggak bisa diulang lagi。 Menerima bahwa waktu kita sama dia udah selesai dan(mungkin)dia udah bahagia sama orang lain。 Nggak harus melupakan dia dan bahkan nggak harus berhenti sedih karena dia,ya selama sedihnya kita nggak mengganggu kita dalam menyelesaikan berbagai tanggung jawab yang kita punya; kerjaan,sebagai anggota keluarga,dst。

Kalo menurut管理员sendiri gimana?

JAWAB

Halo Bintang,

Saya setuju dengan kesimpulan kamu。 Melupakan kenangan bersama sang mantan adalah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan,kecuali jika kita menderita alzheimer。 Atau amnesia seperti di sinetron Tersanjung 5。

Tidak ada yang salah dengan menangis sentirian setiap malam saat tak sengaja melihat postannya di media sosial,saat melihat senyumnya yang nampak bahagia dan kita tidak tahu apa yang membuatnya bisa sebahagia itu。 (Tapi tolong jangan siksa diri sendiri dengan sengaja membuka-buka halaman Instagramnya untuk mencari bahan tangisan。)

Kenang-kenangan bersama mantan adalah hal yang berharga dalam hidup kita。 Kenangan itulah yang membuat diri kita jadi seperti yang sekarang。 Dari pertanyaan(atau lebih tepatnya,pernyataan)kamu ini saya yakin sebenarnya kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan。

继续adalah meneruskan hidup kita,meskipun dengan luka。 继续前行adalah melangkah ke depan dan tidak menengok ke belakang lagi。

Lalu bagaimana dengan lukanya? Saya percaya dengan pepatah喇嘛,bahwa waktu adalah penyembuh luka yang paling utama。 Karena waktu memberi jarak sehingga kamu bisa melihat perasaanmu dan keadaan ini dengan lebih jernih。

Tak perlu buru-buru。 Kamu hanya harus menunggu,sampai saatnya kamu merelakan,sehingga kenangan itu tidak lagi menyakiti kamu。 Sampai kamu bisa tersenyum ketika melihat hal-hal yang terkait dengan dia,karena hal-hal itu mengingatkan pada kenangan indah saat bersamanya,dan kamu bersyukur bahwa kamu pernah merasakan kenangan tersebut。

Sekali lagi,yang kita butuhkan bukan“继续前进”dalam arti melupakan,tapi menerima dan merelakan。

Tanya Rappler adalah rubrik konsultasi mingguan yang akan menjawab semua pertanyaan pribadi kamu。 Silakan tanya apa saja ke tanya @ rappler.com,pertanyaan terpilih akan dimuat dan dijawab setiap hari Senin。

-Rappler.com